Minggu, 07 November 2010

Brilian Menghadapi Perubahan

Hal yang paling sulit dilepaskan adalah "kenyamanan". Nyaman dalam segala hal. Nyaman dengan teman-teman sebaya. Nyaman dengan suasana bersahabat dengan tetangga. Nyaman tinggal dengan orang tua.Nyaman dengan segala macam kegiatan yang menyenangkan. Nyaman dengan segala macam perhatian. Nyaman dengan segala bentuk kasih sayang.

Namun, hingga pada suatu titik, kita akan dihadapkan pada perubahan. Entah itu perubahan kecil atau perubahan yang lebih besar. Walaupun seringkali kita tak berani menghadapinya, perubahan akan selalu datang dalam berbagai kondisi.  Terkadang berdampak menyenangkan, tetapi lebih sering menyedihkan. Semakin dewasa seseorang maka semakin bijak dia dalam menghadapi perubahan.

Seringkali ketika melihat album lama, kita jadi ingin kembali mengulang masa-masa itu. Kita merasa dahulu lebih baik daripada sekarang. Dahulu tidak serumit sekarang. Dahulu tidak ada tanggung jawa sebesar ini. Pada titik ini kita akan merasa kita belum siap menghadapi kerumitan yang semakin sering muncul seiring bertambahnya umur. Namun, percayalah tidak ada masalah yang dilimpahkan ke bahu manusia di luar kemampuannya. Tuhan hanya memberikan masalah kepada hamba-Nya sesuai dengan porsinya. Kita harus meyakini bahwa setiap masalah diciptakan dengan jalan keluar. Tugas kita hanya mencari dimana jalan itu. Jalan terbaik untuk menyikapi perubahan yang muncul sehingga kita menjadi terbiasa dan kembali merasa nyaman dengan dunia yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar